Masakan Khas Indonesia yang Harus Dijaga dan Dilestarikan

Indonesia kaya sekali. Tak cuma kaya SDA, dan budaya, Indonesia faktanya juga kaya food selection masakan. Setiap wilayah mempunyai ciri khas masakan masing-masing. Kekayaan kuliner ini pun nggak boleh lepas dari pengawasan. Pemuda dan pemerintah wajib bebarengan menjaga peninggalan nenek moyang ini agar tidak asal diklaim oleh negara lain.

Kuliner Indonesia juga patut dibanggakan. Nggak kalah enak dengan kuliner dari negara-negara besar lainnya. Campuran bumbu rempah-rempah menjadi ciri khas kelezatan masakan Indonesia. Sebagaimana kita pahami, rempah-rempah juga baik untuk kesehatan.
Inilah 10 masakan khas Indonesia yang begitu mashur di Indonesia dan manca negara.

1. Rendang Padang

Siapa yang tidak kenal rendang. Makanan ini sudah dua kali dianggap sebagai kuliner paling nikmat di dunia oleh CNN. Rendang juga hampir diakuisisi oleh negara lain. Siapa yang menyangka, rendang berasal dari daerah Indonesia, tepatnya Padang Provinsi Sumbar.

Rasa lezat rendang yang tak ada duanya ternyata memang cocok dengan cara memasaknya yang sulit. Yaitu dengan merebus rendang dalam santan sampai tinggal minyaknya, kemudian dituangkan santan lagi, setelah itu direbus lagi sampai kering. Begitu seterusnya sampai cukup.
Tidak heran, bahwa rendang asli Padang bisa bertahan sampai berminggu-minggu tanpa dipanaskan.

2.Empek-Empek Palembang

Empek-empek dari Palembang. Pasti kamu sudah nggak asing menjumpai kata empek-empek. Makanan ini sangat sederhana menurut saya, yakni campuran antara tepung & ikan kemudian digoreng. Akan tetapi makanan ini begitu digemari oleh masyarakat, tidak terkecuali wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Tidak aneh, empek-empek terjual dimana mana, mulai dari pedagang asongan sampai rumah makan besar. Pastinya harga & kualitas mereka yang bikin beda. Bahkan akhir-akhir ini telah mulai banyak yang memasarkan empek-empek lewat medsos.

3. Pecel

Makanan khas dari Madiun Jawa Timur ini sudah jadi makanan sehari-hari di mana-mana. Biasanya menjadi santapan utama untuk sarapan. Kuliner berwujud sayur rebus yang diguyur dengan sambal kacang ini nggak bisa dipisahkan dari masyarakat Jawa khususnya.

Cita rasa pecel initial ya terdapat di Madiun. Namun sekarang tiap-tiap daerah mempunyai variasi pecel sendiri-sendiri.

4. Nasi Goreng

Mulai anak kecil sampai orang tua semua senang nasi goreng. Apalagi baru-baru ini salah satu mantan anggota MU – Rio Ferdinand– berbagi cerita pikniknya ke Singapura di jejaring sosial, dan pada Sabtu lalu dia mengapload foto selfie dengan nasi goreng di Twitter dengan hashtag Singapura.

Menu yang mudah ditemui di pinggir jalan, cafe dan restoran ini sangat mudah dibuat loh. Yaitu dengan menggoreng nasi, sayur dan bumbu rempah khas jawa serta margarin. Supaya lebih lezat biasanya diberi gorengan telur & ayam goreng.

5. Bakso

Bakso, atau bahasa Inggrisnya meatball pasti tersedia di setiap daerah di Indonesia. Mimin sendiri yang pernah domisili di Malang sangat populer dengan bakso. Tentunya bakso Malang punya ciri khas tersendiri. Selain murah, bakso sangat bergizi, sebab kebanyakan terbuat dari daging sapi. Mungkin ada satu dua yang sengaja menyediakan bakso daging ayam, tapi itu tak banyak.

6.Gado-gado

Sesuai namanya, gado-gado merupakan masakan yang terdiri dari bermacam macam rebusan sayuran. Lalu diguyur dengan saus ulekan kacang. Untuk menambah nikmat umumnya ditaburi suwiran telur dan bawang goreng. Hidangan yang serupa dengan karoket ini berasal dari suku Betawi.

7. Soto

Soto agaknya telah menjamur di Indonesia. Bahkan setiap tempat memiliki ciri khasnya masing-masing, ada soto ayam lamongan, coto makassar, soto padang, dan lain-lain. Pada mulanya soto berbentuk kuah bening kekuningan yang ditaburi dengan suwiran daging, telur rebus dan sayur. Kalau muncul kreasi lain dari soto, ya begitulah kekayaan masakan Indonesia.

8. Rujak

Sebenarnya rujak tradisional hanya berbentuk campuran buah dan sayuran. Selanjutnya diguyur dengan bumbu khusus. Seiring kemajuan zaman, rujak berubah menjadi berbagai macam wujudnya. Ada rujak petis, rujak buah, rujak tahu dan lain sebagainya. Jenis-jenis rujak ini bermula dari perbedaan komposisi buah dan campuran bumbu rujak itu sendiri. Masing-masing daerah mempunyai khas buah dan sayur masing-masing. Demikianlah kekayaan kuliner Indonesia.

9. Ketoprak

Legitnya resep ketoprak khas Betawi dengan lontong dan bumbu kacangnya. Ketoprak biasanya akan mengingatkan kita pada lawakan. Tapi, di dunia masakan, ketoprak merupakan makanan istimewa dari Jakarta. Ketoprak kerap dijadikan makanan pilihan untuk sarapan, makan siang, sampai makan malam.

Bahan pokok yang digunakan ialah bihun, ketupat, tahu, dan taoge. Semua bahan tersebut dijadikan satu pada 1 wadah, lalu disiram dengan saus kacang, bawang goreng, dan kerupuk.

10. Sate Gule

Sate dan gulai sebenarnya ialah dua olahan yang berbeda. Tapi biasanya mereka disantap dalam satu hidangan. Ada yang bilang “makan sate paling mantap ya sama gulai”. Sate gulai sering dihidangkan dalam acara aqiqah, sunatan dan lain-lain. Sate gulai merupakan kuliner khas jawa. Jika Anda berada di daerah Jakarta, Anda bisa memesan paket aqiqah jakarta di Bunnayya Aqiqah. Lezat dan memuaskan.

Sate adalah daging yang dipotong kecil-kecil, ditusuk bambu, disiram bumbu selanjutnya dipanggang di atas bara api. Sedangkan gulai adalah tulang belulang dan daging yang digodok dengan kuah berbumbu santan alami.

Demikianlah masakan khas Indonesia yang telah saya kumpulkan. Semoga kita dapat memelihara. Bagi Anda yang belum mencoba salah satu dari makanan di atas, rugi deh.

Cara Biar Tetap Muda Terus

Awet muda ialah impian semua orang. Walaupun umur sudah tua, banyak artis yang masih terlihat muda, seperti Sophia Latjuba atau Yuni Sarah. Kedua bintang ini mempunyai wajah dan postur yang jauh lebih muda dari usianya.
Anda pasti ingin terlihat muda seperti mereka bukan?

Tersedia delapan cara untuk mencapainya. Mulai dari yang natural sampai yang memanfaatkan obat-obatan.

Berikut ini ialah tips agar awet muda yang bisa Anda coba:

1. Senyum dan Tertawa

Senyum dan ceria pasti akan melahirkan perasaan bahagia. Bila sudah bahagia maka daya tahan tubuh akan meningkat. Secara ilmu kedokteran, ketika manusia senyum dan tertawa maka timbul perubahan dalam tubuh, yakni pembentukan zat endorfin. Zat inilah yang bisa menurunkan stres.

Riset lain menyatakan bahwa paras yang banyak cemberut akan lebih cepat keriput. Maka senyum dan ceria adalah solusinya.

2. Sering Memakan Vitamin C dan A

Vitamin A dan C sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin A berkhasiat selaku antioksidan penjaga kulit dari tekanan oksidatif. Sedangkan vitamin C fungsinya adalah menstimulasi kulit membuat lebih banyak kolagen. Kolagen memiliki peran penting dalam merawat kulit dan menahan penuaan. Selain itu kolagen juga mempunyai banyak manfaat lain untuk kebugaran fisik, seperti: memperbesar masa otot, meredakan nyeri persendian, serta mendukung kesehatan jantung.

Sehingga tak ada ruginya banyak memakan makanan yang menyimpan vitamin C dan A.

3. Olah Raga dengan Teratur

Olah raga rutin dapat menurunkan resiko sakit jantung serta kanker. Selain itu olah raga juga bisa meningkatkan kualitas tidur, membuat aliran darah lebih stabil, membebaskan stres serta menjadikan kulit dan tulang semakin awet muda.

The Department Health and Human Services menyarankan untuk berolahraga sekitar 2,5 jam seminggu. Jenis olah raga yang disarankan ialah lari kecil, naik sepeda, berdansa, berenang, serta jalan kaki.

4. Lakukan Pola Makan Sehat

Tips awet muda selanjutnya ialah mengupayakan kebiasaan makan sehat. Kebiasaan makan sehat merupakan kunci pokok melindungi organ-organ tubuh vital supaya tetap sehat.

The Dietary Guidelines for Americans sangat menyarankan makan banyak sayur, protein rendah lemak, dan produk-produk berbahan dasar susu. Bagi Anda yang doyan asin, dari sekarang lebih baik dikurangi demi menjaga keseimbangan darah.

Hindari makanan dan minuman yang mengandung pengawet atau banyak kandungan MSG.

5. Jauhi Rokok & Alkohol

Banyak penelitian yang sudah menyatakan bahwa rokok dan alkohol menyebabkan penuaan dini. Selain itu rokok dan alkohol juga bisa meningkatkan ancaman terjangkit serangan penyakit-penyakit berbahaya, seperti serangan jantung atau paru-paru.

Dikutip dari situs kesehatan ternama webmd.com bahwa terdapat banyak efek rokok yang secara langsung dapat mempengaruhi penampilan fisik. Yakni warna kulit yang semakin kusam dan pucat disebabkan kekurangan oksigen serta nutrisinya, lalu kulit mengendur karena zat kimia yang terdapat dalam pembakaran tembakau merusak kalogen.

Kemudian ada garis-garis lurus di sekeliling bibir yang tidak dirasakan oleh bukan perokok, timbulnya noda hitam di wajah, kerusakan di gigi dan penyakit mata seperti katarak dan seterusnya.

6. Tidur Cukup dan Berkualitas

Tidur yang baik adalah cukup serta berkualitas. Kalau kurang waktu tidur, atau tidur kurang berkualitas maka dapat menimbulkan stres, sulit konsentrasi & kulit tampak kusam. Walaupun tidur sudah cukup lama namun nggak berkualitas maka akan memicu resiko yang sama.

Tidur terlalu lama juga tidak baik, diantaranya dapat memicu obesitas, dan terkena berbagai jenis penyakit. Maka yang perlu diusahakan ialah tidurlah sesuai keperluan badan Anda. Idealnya bagi orang dewasa adalah tidur 6-8 jam sehari.

7. Konsumsi Air dalam Jumlah yang Cukup

Air selalu dibutuhkan organ dalam manusia, seperti ginjal & jantung. Ketika kebutuhan air tercukupi maka aktivitas otak jadi maksimal. Selain itu, kulit juga membutuhkan banyak air. Minum banyak air bisa menjadikan kulit awet muda & terawat.

Hal itu sesuai dengan pengalaman artis terkemuka Cut Sarra yang merawat dirinya awet muda dengan minum air putih. Ungkapnya, itu ialah pemeliharaan tubuh yang paling murah & semua orang bisa melakukannya.

8. Menjaga Pikiran Supaya Selalu Positif

Pikiran positif tak hanya mempengaruhi mood dan psikologis, tetapi juga kesehatan. Orang yang selalu optimis, maka akan memiliki mimpi. Sehingga dia memperoleh kebahagiaan.

Tapi nggak gampang buat selalu positif thinking. Seringkali ada saja sebab yang memaksa kita berpikir negatif, cemas, serta ketakutan. Oleh sebab itu Anda harus tinggal di lingkungan yang positif, teman-teman yang selalu berpikir positif dan pola hidup yang optimis.

Contohnya tentang selera film, Anda harus senantiasa memperhatikan film apa saja yang dapat menambah semangat dan positivisme. Tak perlu menikmati film yang Cuma bikin sedih. Mending baca cerita lucu dari pada film sedih. Lalu Anda pun selayaknya membaca bacaan yang positif, dan menyemangati.